Tjerita Boekoe “Rasia Bandoeng”

Carita Buku Rasia Bandung“Dengen ini saya mewartaken suda trima Nona punya surat yang tertanggal 25 ini bulan, surat mana menurut bunyinya ada jadi kenyataan yang Nona tiada bisa trima saya punya kecintaan.”

Resensi buku pekan ke-32 akan diisi dengan acara Tjerita Boekoe “Rasia Bandoeng”. Buku ini adalah roman percintan anak muda yang gagah berani menentang adat istiadat yang dijaga ketat oleh keyakinan para orang tua. Selain itu ada juga fragmen yang mewartakan cinta tak berbalas, bertepuk sebelah tangan. Kisah ini lahir satu abad lampau di Kota Bandung, karenanya latar tempat pun begitu kerap disebut.

Selain kisah percintaan yang menjadi jantung, kita juga bisa mengetahui bagaimana kehidupan Kota Bandung di masa itu, khususnya kehidupan warga Tionghoa dalam laku kesehariannya. Juga karena lahir seratus tahun lalu, kita pun diajak bertamasya ke dalam bahasa Melayu Pasar yang digunakan si penulis dalam menghamparkan ceritanya.

Maka hari Sabtu, 20 Februari 2016, bertempat di Kafe Jadoel, Jl. Jenderal Sudirman No. 242, Kota Bandung, bermula dari pukul 13.00 wib, Pustaka Preanger dan Komunitas Aleut mengajak siapa saja yang berminat terhadap sastra dan sejarah, khususnya sejarah Bandung, untuk menggeledah roman klasik ini. [ ]

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s