poster-1

Ada berbagai macam definisi mengenai esai, seperti yang sudah dirumuskan dalam beberapa kamus dan ensiklopedia. Kamus Besar Bahasa Indonesia mendefinisikan esai sebagai “karangan prosa yang membahas suatu masalah secara sepintas lalu dari sudut pandang pribadi penulisnya”. Pengertian ini serupa dengan definisi “essay” dari kamus Merriam Webster yang menyebutnya sebagai “a short piece of writing that tells a person’s thoughts or opinions about a subject”.

Kedua definisi di atas menjelaskan bahwa esai memiliki hal berbeda jika dibandingkan dengan tulisan lainnya. Ya, esai menawarkan keberadaan sudut pandang penulis dari suatu subjek/topik yang ia bahas. Melalui esai pula kita bisa mengidentifikasi pola pikir penulis, apa saja yang ia baca, kedalaman topik yang ia kuasai, dan bahkan lebih jauhnya lagi kita bisa juga mengidentifikasi keseharian esais.

Meski esai secara definisi cukup seragam, namun saat berbicara tentang buku atau tulisan mana saja yang masuk ke dalam kategori esai, beberapa ahli dan penggiat kebahasaan memiliki pendapatnya masing-masing. Keragaman pendapat atas pengkategorian ini seringkali bertolak belakang satu dengan yang lainnya, sehingga kita sebagai kalangan awam akan esai dibuat bingung. Pendapat mana yang digunakan? Buku atau tulisan mana saja yang masuk ke dalam kategori esai?

Berangkat dari kedua hal di atas, Kelas Literasi pekan ke-63 memilih esai sebagai tema utama kegiatan. Di pekan ini, kita akan mengulas buku-buku yang secara umum masuk ke dalam kategori esai, mendiskusikannya, lalu melanjutkannya dengan membahas layak-tidaknya buku tersebut masuk ke dalam kategori esai berdasarkan pemahaman masing-masing.

Selain memperkaya pemahaman akan esai, semoga saja melalui Kelas Literasi pekan ini Kota Bandung bisa melahirkan esais potensial. Mari bergabung! [Arya]

Advertisements