Tentang Kami

Mulanya kami membuka Kedai Preanger; sebuah kedai kopi dan teh dengan konsep menyatukan tiga hal penting, atau setidaknya akrab di keseharian kehidupan kontemporer, yaitu buku, musik, dan film. Artinya kedai tersebut rutin menyelenggarakan nonton film bareng, memutar musik, dan dilengkapi dengan beberapa koleksi buku.

Karena Kedai Preanger berfungsi juga sebagai sekretariat Komunitas Aleut (komunitas apresiasi sejarah dan wisata Kota Bandung, juga belajar bersama), maka pada perjalanannya kedai ini semarak dengan basis komunitas.

Komunitas Aleut sebagaimana disebutkan di atas, mulanya adalah komunitas apresiasi sejarah dan wisata Kota Bandung, namun seiring perkembangan waktu dan potensi para pegiatnya, akhirnya bermetamorfosis menjadi wadah belajar bersama.

Salah satu hal yang menjadi fokus utama komunitas ini adalah mencoba berkontribusi di dunia literasi. Koleksi ribuan buku dan kliping surat kabar kemudian diberdayakan menjadi alat untuk belajar menulis, mengapresiasi buku, dan bahan wacana yang tak selesai didiskusikan.

Ide awal untuk memanfaatkan koleksi buku secara maksimal bertitimangsa 13 Juni 2015. Pada sebuah siang di hari Sabtu, beberapa pegiat Komunitas Aleut bersepakat untuk membuat dan menjalankan agenda bersama dan rutin, yaitu Kelas Resensi Buku atau Riungan Buku.

Agenda ini dijalankan setiap hari Sabtu, dimulai dari jam 14.00 WIB sampai dengan selesai, dilaksanakan di Kedai Preanger, Jl. Solontongan 20 D, Buah Batu – Kota Bandung. Pesertanya adalah pegiat Komunitas Aleut dan terkadang dihadiri juga oleh pengunjung Kedai Preanger yang kebetulan berminat kepada buku. Buku yang diresensi sangat beragam; dari sejarah, sastra, filsafat, budaya, dll.

Koleksi buku dan kliping koran serta kegiatan literasi yang menyertainya kemudian dihimpun dalam sebuah nama, yaitu Pustaka Preanger. Media sosial pun kemudian dibuat untuk membantu mengabarkan nama dan kegiatan ini.

Hari ini Pustaka Preanger menjadi salah satu kantong literasi di Kota Bandung. Kota dengan beragam citra ini, yang kami hidup dan beraktivitas di dalamnya, kami cintai dan mencoba berkotribusi dengan pendekatan literasi. [irf]

Surat-menyurat : pustakapreanger@gmail.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s